MENJELASKAN TENTANG KOMPUTER
Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas TIK
Dosen pengampu : Andi Ainunnajib Fikri, S.T, M.Pd.I
Disusun oleh :
Dewi Aminah
Dima Raharasari
Pendidikan Agama Islam
TARBIYAH
Institut Agama Islam Darussalam (IAID)
Ciamis—Jawa Barat
2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan jaman komputer mengalami beberapa perubahan yang sangat drastis dimulai dari jenis komputer yang sederhana sampai komputer yang modern. Komputer dulunya itu digunakan sebagai alat hitung, tapi sekarang komputer bisa dijadikan sebagai alat komunikasi. Kita jangan hanya bisa menggunakan komputer saja, tapi kita harus mampu merawat dan menjaga komputer. Yang menjadi masalahnya dengan adanya komputer orang orang menjadi malas dalam mengerjakan sesuatu.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa pengertian komputer?
2. Bagaimana sejarah komputer?
3. Apa saja fungsi komputer?
4. Apa itu sistem komputer?
5. Apa saja jenis komputer?
6. Bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer?
7. Bagaimana perawatan komputer yang baik?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk mengetahui pengertian komputer
2. Untuk mengetahui sejarah komputer
3. Untuk mengetahui apa saja fungsi komputer
4. Untuk mengetahui sistem komputer
5. Untuk mengetahui jenis komputer
6. Untuk mengetahui bagaimana cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer
7. Untuk mengetahui bagaimana perawatan komputer yang baik
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN KOMPUTER
Istilah komputer menurut bahasa latin yaitu computare yang berarti menghitung. Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Kebutuhan kita terhadap informasi dan komunikasi mudah dilakukan dengan bantuan komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi lainnya.
2.2 SEJARAH KOMPUTER
Penemu pertama kali adalah Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya.
Siapa sajakah penemu berikutnya mereka adalah :
Tahun 1822 Charles Babbage, dengan idenya yang cemerlang mendciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.
Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.
Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.
• Komputer Generasi I
Pada generasi ini komputer memekai banyak sekali tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar hingga memenuhi satu ruangan, dan komputer ini dinamakan ENIAC (Electronic Numerikal Itegrator and Computer). Karena ukurannya yang cukup besar namun hanya bisa menyimpan data yang sedikit, maka lahirlah komputer generasi 2.
• Komputer Generasi II
Penggunakan tabung hampa digantikan dengan transistor sehingga lebih menghemat tempat dan juga daya. Sejak generasi ini juga mulai bermunculan berbagai bahasa pemrograman seperti COBOL, ALGOL, dan FOTRAN. Dari segi ukuran komputer generasi II lebih kecil hanya sebejar ukuran meja kerja dan mampu menyimpan data lebih banyak. Komputer ini lebih dikenal dengan nama UNIVAV (Universal Aotomatic Computer).
• Komputer Generasi III
Seiring dengan sejarah perkembangan komputer, keberadaan transistor pada generasi sebelumnya telah digantikan dengan IC, dimana IC sendiri ditemukan oleh insinyur asala Texas yang bernama Jack Kilby pada tahun 1958. Pada generasi ini juga lahir microprocessor pertama yaitu interl 4004 pada tahun 1971.
• Komputer Generasi IV
Pada 1980 an muncul komputer generasi baru ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale integration). Dimana ini merupakan peadatan ribuan IC menjadi sebuah chip. Kemudian LSI terus dikembagkan hingga lahirlah VLSI (Very Large Scale Integration).
• Komputer Generasi V
Komputer masa depan saat ini sedang terus dikembangkan dan inilah generasi yang sedang kita lalui. Meskipun belum ada proyek nyata, konsep komputer generasi ke-5 memiliki kecerdasan buatan sehingga komputer akan memiliki nalar seperti manusia, dan bisa terus belajar dari pengalaman. Dan itulah sejarah perkembangan komputer dari waktu ke
2.3 FUNGSI KOMPUTER:
1. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja :
Dengan komputer banyak pekerjaan yang dapat di selesaikan dengan mudah, bila dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan di sobek dan di ketik ulang kembali, selain itu dengan mesin tik dokumen yang telah di ketik tidak dapat di edit kembali, sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik dokumen, mengedit dan menyimpan dokumen tersebut untuk dapat di edit berulang-ulang.
2. Kompter Sebagai Sarana Komunikasi
Zaman dahulu bila berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon, tapi itu kita hanya mendengar suara teman atau saudara kita. Dengan komputer kita dapat :
· Berbicara dengan teman atau saudara kita
· Sambil bicara kita bisa melihat mereka dengan menggunakan Webcam
· Dapat menuliskan kata-kata kita kepada mereka (Chating)
· Juga kita dapat menulis surat kepada mereka (Email)
· Kita dapat mengirim gambar atau file kepada mereka dll
3. Komputer sebagai Alat Hiburan
Dahulu alat hiburan kita hanyalah Radio, tape, Televisi dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat mengghibur dirikita dengan berbagai fasilitas yang terdapat pada komputer antara lain :
· Mendenar lagu-lagu atau musik melalui CD/DVD atau melalui Internet
· Menonton Vidoe lewat kaset CD/DVD atau melalui Internet
· Bermain Game, dengan aplikasi game yang kita Install sendiri atau Game online dengan Internet.
· Berhubungan dengan teman melalui fasilitas Chating, atau Webcam
· Nonton TV, dari saluran TV Reciver yang kita pasang pada komputer atau melalui TV Chanel Online dengan Internet
4. Komputer Sebagai Alat Pendidikan
Dahulu fasilitas pendidikan hanya kita peroleh melalui Sekolah, dan selain di sekolah informasi pendidikan dapat kita peroleh melalui media Radio, Televisi, Koran, dan tempat-tempat kursus. Dengan menggunakan Komputer yang terhubung dengan Internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan Ilmu pengetahuan, antara lain :
· Dari aplikasi yang kita Install. Setiap aplikasi yang kita install pasti ada menu bantuannya (Help) yaitu tutorial cara menggunakan program dan pelatihan.
· Aplikasi yang kita Install dapat membuat kita menjadi ahli dalam beberapa bidang seperti : Adobe photoshope, dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir bidang grafis, Power Point ; dengan aplikasi ini kita menjadi seorang yang mahir di bidang persentasi, Autocad ; dengan aplikasi ini kita bisa menjadi seorang yang mahir di bidang disain arsitektur dll.
· Selain dari aplikasi yang kita install, bila kita terhubung dengan Internet kita dapa memperoleh pendidikan atau Ilmu pengetahuan seperti : Sejarah, Kebudayaan, Matematika, Sosial, Biologi, Kedokteran atau Kesehatan, Ekonomi, Politik, Website Designe, Bahasa (segala Bahasa dapat di peroleh), pengetahuan Agama dll.
5. Komputer Sebagai Sarana Informasi
Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti :
· Informasi pendidikan, Tempat-tempat Pendidikan
· Informasi Hiburan, mencari tempat-tempat Hiburan
· Informasi Travel, mencari dan memesan tiket transprotasi
· Informasi Produk, mencari produk yang kita inginkan.
· Informasi Pekerjaan, menjari lowongan kerja.
· Informasi Berita, mencari kejadian atau berita dalam dan luar negeri
· Informasi Cuaca, mengetahui keadaan cuaca saat ini
· Informasi Lalulintas, mengetahui situasi lalulintas
· Informasi Kesehatan, mencari tips kesehatan serta tempat2 untuk pengobatan.
· Informasi Politik
· Informasi Perdagangan
· Informasi Usaha, mencari peluang untuk membuka usaha
· dan masih banyak lagi informasi yang dapat kita peroleh dari Komputer yang terhubung dengan Internet.
6. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Selain untuk komunikasi, Mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan banyak usaha yang mendatangkan penghasilan bagi kita antara lain :
· Membuat Rental Komputer
· Membuat Warnet
· Membuat Usaha percetakan
· Membuat usaha Vidoe Editing
· Membuat Usaha Ringtone dan Wallpaper ke Hp
· Membuat Usaha Sablon
· Membuat usaha Service dan Install Komputer Software
· Membuka usaha Disain Arsitektur.
· Membuka Usaha disain Grafis untuk periklanan
· Membuka Usaha disain Website
· Membuka Usaha programer akounting dan keuangan
· Membuka Usaha Kursus Komputer
· Membuat Jasa Website sebagai media Informasi
· Mengarang dan membuat buku Online yang dapat di jual
· dll
7. Komputer Sebagai Sarana Kontrol
Dibeberapa pabrik, Perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan system seperti :
· Mengontrol kamera security
· Mengontrol pengoperasian mesin Robot pabrik
· Mengontrol Escalator
· Pengontorlan pencahayaan untuk lampu Studio rekaman
· Pengontrolan peralatan Editing Video
· Pengontrolan tata lampu traffic jalan
· Pengontrolan system jaringan Network
· dll
Tapi dari segala hal-hal yang positip yang dapat diperoleh dari komputer, banyak sisi negatif yang di timbulkan oleh pengguna komputer antara lain :
1. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawap mereka, seperti belajar, bekerja dll.
2. Dengan mengakses situs2 yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang.
3. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.
4. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak system orang.
Tapi kesemuanya itu baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan saya yakin bahwa komputer di ciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi untuk membantu manusia dalam mempermudah segala bidang pekerjaan.
2.4 SISTEM KOMPUTER
Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakanoutput dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
2.5 JENIS JENIS KOMPUTER
Jenis komputer dapat digolongkan berdasarkan:
1. Menurut Jenis Data Yang Diolah
· Komputer Analog; adalah komputer yang bekerja secara paralel (analog) untuk mengolah data yang sifatnya kontinyu, datanya berupa besaran fisik dan angka-angka (kuantitatif) seperti temparatur, tekanan udara, kecepatan angin, arus listrik gelombang suara, dll.
Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer
· Komputer Digital; adalah komputer yang bekerja berdasarkan operasi hitung. Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka. Penyelesaian masalah dilakukan dengan proses aritmatik dan logik (kuantitatif).
Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC
· Komputer Hibrid; adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital.
Contoh dari komputer jenis ini adalah komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik.
2. Menurut Kemampuan Mengolah Data
· Komputer ukuran kecil (Micro Computer)
· Komputer ukuran sedang (Mini Computer)
· Komputer ukuran besar (Large Computer)
· Komputer ukuran super (Super Computer)
3. Menurut Bidang Masalah
· General Purpose Computer; digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).
· Special Purpose Computer; adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.
4. Menurut Komponen Elektronika (Processor)
a. Mainframe Computer; Komputer jenis ini menggunakan prosessor yang mempunyai kemampuan yang sangat besar dan ditujukan untuk multi user. Dengan menggunakan teknologi time sharing maka efeknya tidak begitu dirasakan oleh user. Jenis Komputer ini memiliki suatu Central Processing Unit, Storage Device yang agak besar (kira-kira sebesar 2 lemari pakaian) dan ditempatkan pada tempat tersendiri. Peralatan CPU dan Storage tersebut dihubungkan dengan banyak terminal yang terdiri dari keyboard dan monitor saja. Terminal yang disambungkan dapat dalam jumlah ribuan sesuai dengan kebutuhan san seri dari komputer mainframenya. jenis komputer ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan skala besar yang banyak memiliki banyak cabang.
b. Mini Computer; Kapasitas prosessor yang digunakan hampir sama dengan mainframe, hanya jumlah terminal yang dapat disambungkan ke dalam ke komputernya tidak sebanyak seperti pada jenis komputer mainframe. Jumlah terminal yang dapat disambungkan hanya puluhan. Oleh karena itu komputer jenis ini hanya cocok digunakan untuk perusahaan kelas menengah yang tidak begitu besar dan tidak terlalu kecil. Ukuran fisik komputer ini tidak sebesar komputer mainframe.
c. Personal Computer (PC); Jenis prosessor yang digunakan kemampuannya tidak begitu besar dibandingkan dengan komputer mainframe. Karena komputer ini memang ditujukan untuk seorang pemakai. Karena kegunaannya maka komputer jenis ini disebut komputer pribadi atau Personal Computer (PC). Komputer ini memiliki semua perangkat IPO yang telah dirangkai menjadi satu. Saat ini PC terus dikembangkan kemampuan dan kegunaannya.
5. Menurut Bentuk dan Ukuran Fisik
a. Komputer Desktop; Ukuran fisiknya lumayan kecil, biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bhakan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang disebutexpantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
b. Komputer Tower; Ukuran fisk relatif lebih besar dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping atau di atas meja. Memiliki ruang untuk expantion slot lebih banyak.
c. Komputer Portable; Ukuran fisiknya sedikti lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau dilapangan. Secara bebas portableartinya mudah dibawa-bawa.
d. Komputer Laptop; Adalah komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari komputer portable, semua komponennya dibuat menyatu.
e. Komputer NoteBook; Sesuai dengan jenisnya ukuran fisik komputer ini sebesar notebook, bentuk dan ukurannya hampir sama dengan komputer Laptop.
f. Komputer SubNotebook; Ukurannya sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, dan masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
g. Komputer Palmtop; Komputer ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset kira-kira sebesar kaset video beta. Arus listriknya didapatkan lewat baterai
2.6 Cara yang benar dan sehat dalam menggunakan komputer
1) Mengurangi Kecerahan pada Layar
Cara sehat menggunakan komputer yang benar pertama adalah dengan mengurangi kecerahan pada layar. Layar yang terlalu cerah dapat mengganggu kesehatan mata, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab itu ketika Anda sering berada di depan komputer dalam waktu yang lama sebaiknya mengurangi intensitas cahaya pada monitor dengan cara menurunkannya sedikit.
2) Memasang Pelindung Layar
Cara sehat menggunakan komputer yang kedua adalah dengan memasang pelindung layar. Pelindung layar dapat dipasang pada monitor komputer yang berfungsi untuk melindungi mata ketika menatap layar monitor dalam jangka waktu lama. Menatap monitor dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, serta mata minus untuk waktu tertentu. Oleh sebab itu jangan lupa memasang pelindung layar jika aktivitas di depan komputer Anda tinggi.
3) Perhatikan Posisi Duduk
Cara sehat menggunakan komputer berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi duduk. Posisi duduk juga turut mempengaruhi ketika berada di depan komputer dalam jangka waktu yang lama. Posisi duduk yang baik ketika menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak lurus ke atas namun tidak terlalu kaku. Sementara kepala menghadap ke layar dengan jarak yang ideal adalah 50 sampai dengan 60 cm dari monitor.
4) Melakukan Pemanasan Ringan
Untuk poin yang keempat ini adalah melakukan pemanasan ringan seperti berjalan sejenak. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat relaksasi sejenak. Nah untuk Anda yang bekerja di kantoran yang terbiasa berhadapan dengan komputer 8 jam setiap harinya, jangan lupa untuk meluangkan waktu sejenak dengan berjalan beberapa menit agar tubuh tidak terlalu capek duduk dan berhadapan dengan monitor.
5) Menghindari Penggunaan Komputer di Ruangan yang Minim Cahaya
Cara sehat menggunakan komputer yang terakhir adalah menghindari penggunaan komputer di ruangan yang minim akan cahaya. Penggunaan komputer dengan kondisi cahaya kurang juga dpaat menyebabkan permasalahan pada mata seperti mata minus. Oleh karena itu ketika menggunakan komputer meski dalam waktu sebentar usahakan ruangan mendapatkan penerangan yang memadai.
2.7 Cara Merawat Komputer Dengan Baik dan Benar
1. Tutup/close program yang tidak perlukan
Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer anda berjalan lambat (lelet) juga beban kerja komputer anda menjadi lebih berat yang akhirnya akan dapat memperpendek umur komponen pada komputer anda.
2. Ventilasi yang cukup
Maksudnya adalah tempatkan monitor maupun CPU anda sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut.
3. Install program antivirus dan updatelah secara berkala
Untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update program antivirus anda secara berkala. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
4. Uninstall atau buang program yang tidak anda gunakan
Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk anda sehingga beban kerja komputer anda akan lebih berat sehingga harddisk juga akan cepat rusak.
5. Pakailah UPS/Stabilizer.
Gunakanlah UPS untuk mengantisipasi listrik mati/padam secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer anda terutama pada harddisk. Jika anda tidak ada UPS, gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.
6. Defrag harddisk anda secara berkala.
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa agar mempermudah proses read/write pada komputer anda sehingga beban kerja komputer anda juga akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter.
7. Aktifkan screensaver pada komputer anda.
Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Cara mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera.
8. Bersihkan Recycle Bin atau file-file sampah secara rutin
Sebenarnya file/folder yang anda hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung terlebih dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi..
Cara : Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah itu klik OK.
9. Pasang Kabel Ground
Casing computer terkadang nyetrum saat dipegang, pasang kabel ground untuk mengantisipasi casing nyetrum. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yang “nyasar” pada komputer anda menjadi hilang dan tidak menyetrum lagi dan hal ini juga dapat membuat komponen elektronik pada komputer anda lebih awet dan tahan lama.
10. Jangan meletakkan Speaker Active terlalu dekat dengan monitor
Hal ini kedengarannya seperti hal biasa dilakukan, karena pada umumnya speker diletakkan dekat di sisi kiri monitor dan sisi kanan monitor agar terlihat lebih rapi. Dapat kami sarankan jarak speaker active anda masing-masing sebelah kiri dan kanan adalah 30cm agar medan magnet pada speaker tidak mempengaruhi warna monitor anda.
11. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala
Setidaknya enam bulan sekalilah hal ini harus anda lakukan. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover supaya debu tidak masuk ke komputer anda.
BAB III
KESIMPULAN
Komputer telah menjadi kebutuhan mendasar bagi lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta, bahkan kebutuhan pribadi kita sehari-hari terutama bagi mahasiswa dan pelajar-pelajar lainnya. Kehadiran komputer diharapkan dapat membantu berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan. Namun disamping itu juga kita jangan hanya memakainya saja tanpa mau merawat dan menjaganya. Tapi kita harus menjaga dan merawat komputer agar komputer tidak cepat rusak.
DAFTAR PUSTAKA
https://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/jenis-jenis-komputer/
Rudi Hidayat. 2004. Teknologi Informasi Komunikasi. Jakarta: Erlangga.
http://ariefew.com/komputer/perawatan-komputer-yang-baik-dan-benar/
http://www.sepibanget.com/2013/01/sejarah-perkembangan-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar